Dapur yang bersih tentu menjadi idaman setiap ibu, padahal aktivitas memasak di dapur yang dilakukan setiap hari pasti akan meninggalkan banyak noda dan kotoran yang jika dibiarkan, lama kelamaan akan sulit hilang dan membuat dapur nampak kotor. Selezat apapun hasil masakan, jika dihasilkan dari dapur yang kotor tentunya akan menghasilkan makanan yang tidak higienis.

Banyak produk-produk pembersih khusus untuk dapur, tetapi ternyata ada juga lho bahan-bahan yang lebih aman digunakan. Berikut beberapa bahan yang mudah ditemui di dapur sekaligus bisa menjadikan dapur ibu bersih dan harum :

  1. Larutan cuka

Cuka terkenal ampuh untuk membersihkan segala kotoran. Untuk penggunaan yang aman, siapkan cangkir khusus lalu masukkan cuka sebanyak  ¼ ukuran cangkir dan tambahkan air panas secukupnya. Lalu siramkan atau oleskan dengan kuas ke bagian yang ingin dibersihkan. Setelah itu biarkan kurang lebih 5 menit, lalu bilas dengan air bersih sambil digosok.

  1. Baking soda

Selain untuk membersihkan peralatan dapur, campuran baking soda dan larutan cuka dapat menghilangkan kotoran membandel yang sulit dibersihkan dengan cara biasa pada tempat cuci piring (kitchen sink). Caranya campurkan baking soda dan larutan cuka, kemudian gosokkan ke tempat yang ingin dibersihkan.

  1. Jus lemon

Perasan lemon bisa digunakan sebagai penambah aroma pada campuran larutan baking soda plus air hangat. Gunakan alat pembersih seperti kain, kemudian gosokkan pada lantai, meja atau bagian lain di dapur yang kotor dan terkena noda. Maka bau-bau amis dan aroma tidak sedap di dapur akan hilang dan dapur ibu jadi harum.

 

Mudah kan caranya? Selain mudah, ibu tidak perlu repot harus membeli banyak produk untuk membersihkan dapur.  Dan yang lebih penting lagi, setiap saat dapur akan selalu harum dan bersih,  membuat ibu selalu bersemangat menyiapkan masakan lezat dan untuk keluarga tercinta.


Komentar