Aktifitas memasak di dapur memang sering kali dianggap memakan waktu yang lama. Ditengah rutinitas yang pada membuat banyak Ibu yang tidak memiliki cukup waktu untuk beraktivitas di dapur. Hal ini tak heran karena memang banyak Ibu yang tidak mengetahui bagaimana cara untuk membuat dapur menjadi tempat yang efisien dan menyenangkan untuk memasak bersama keluarga atau sekedar mencari inspirasi ditengah kesibukan mereka. Berikut ada beberapa tips yang dapat membuat aktivitas didapur menjadi lebih efisien dan tentunya hemat waktu:

  1. Penataan dapur yang bersih & rapi

Dapur tidak harus selalu mewah dengan peralatan memasak yang serba mahal. Penataan dapur yang rapi dan memberi kesan lega dapat menjadi salah satu cara supaya Ibu betah didapur. Penataan peralatan barang-barang dapur juga harus ditata agar enak dipandang dan mudah diambil saat akan digunakan. Hal lain yang harus diperhatikan adalah pecahayaan dan sirkulasi yang baik.

 

  1. Persiapkan Bahan Makanan & Memasak Sekaligus

Tidak semua Ibu memiliki banyak waktu untuk beraktivitas didapur setiap hari.  Keberadaan Lemari pendingin bisa menjadi penyelamat buat Ibu yang memiliki waktu terbatas. Ibu dapat menyimpan semua bahan makanan yang sudah dibersihkan dan dipotong kedalam lemari pendingin agar siap segera digunakan saat akan memasak. Hal lain yang dapat dilakukan adalah dengan memasak bahan makanan sekaligus dalam jumlah yang banyak untuk disimpan di lemari pendingin dan bisa dipanaskan sewaktu-waktu.

 

  1. Lakukan Seakan Anda Adalah Chef Professional

Aktifitas dapur bisa lebih menyenangkan layaknya seorang chef professional dengan segala teknik dan skil yang membuat kagum. Tak ada salahnya Ibu belajar dan mengikuti cara-cara mudah yang bisa dilakukan oleh seorang Chef seperti menggunakan sendok untuk mengerik kunyit atau jahe, ketimbang menggunakan pisau dapur. Selain lebih cepat, Ibu juga dapat berpura-pura merasakan sensasi layaknya berada di dapur professional.

Selamat mencoba!

 

Sumber:

https://inidiablogmu.wordpress.com/2015/11/24/5-tips-untuk-memasak-lebih-cepat/

http://www.fimadani.com/berbagai-tips-praktis-seputar-dapur-sehat/


Komentar