Indonesia dengan berbagai macam suku, adat dan budaya memiliki aneka masakan yang beragam pula. Tiap daerah memiliki masakan andalan yang selalu jadi favorit dan menjadi ciri khas daerah tersebut. Tahukah Ibu bahwa dibalik masakan tersebut ada cerita yang melatarbelakangi munculnya masakan tersebut? Yuk kita simak beberapa menu masakan olahan ayam nusantara dan kisah dibaliknya :

  1. Ayam Betutu

Ayam betutu adalah makanan khas Bali yang berasal dari Gianyar namun kini tersebar di seluruh daerah di Bali. Pelopor dari ayam betutu adalah Ni Wayan Tempeh yang berasal dari wilayah Abiansi, kota Gianyar di tahun 1976. Meskipun namanya ayam betutu, namun bahan baku yang digunakan bisa berupa ayam ataupun bebek dan dibungkus menggunakan daun pisang beserta pelepah pisangnya sehingga lebih harum aroma ayamnya. Cara memasaknya pun cukup unik dimana ayam akan diberi bumbu yang dimasukkan ke dalam bagian perutnya kemudian hanya dibakar menggunakan api sekam. Sebelum dibakar menggunakan sekam, bungkusan ayam akan ditanam masuk menuju lubang di dalam tanah dan ditutup menggunakan bara api tersebut. Dibutuhkan waktu berjam-jam untuk memperoleh cita rasa ayam yang empuk, gurih, bau aroma sekam bakaran dan juga cita rasa yang unik karena memang hanya menggunakan sekam api.

  1. Ayam Tangkap

Ayam Tangkap merupakan salah satu makanan tradisional yang cukup terkenal di daerah Aceh. Bagi anda yang baru berkunjung ke sana, tidak terlalu sulit menemukan makanan satu ini, karena banyak warung makan atau restoran yang menyediakan menu ini. Asal usul Ayam Tangkap masih belum bisa diketahui secara pasti. Namun menurut beberapa sumber, Ayam Tangkap ini merupakan jenis makanan yang sudah ada sejak dahulu. Konon nama Ayam Tangkap ini diambil dari kebiasaan masyarakat Aceh saat memasak daging ayam. Sebelum memasaknya, mereka harus menangkap ayam tersebut terlebih dahulu di pekarangan mereka. Sehingga banyak yang menyebutnya Ayam Tangkap. Keunikan Ayam Tangkap ini sangat terlihat dari segi penyajiannya. Dalam penyajiannya, ayam goreng tersebut disajikan dengan daun-daunan seperti daun temurui dan daun pandan yang dirajang kasar serta digoreng renyah.

  1. Ayam Taliwang

Ciri khas kuliner ayam taliwang berupa olahan ayam kampung muda diramu dengan bumbu-bumbu tertentu sehingga memberikan cita rasa yang kuat. Bumbu yang digunakan adalah bawang merah, bawang putih, cabai garam, terasi. Penyajiannya selalu disertai plecing kangkung dan beberuk terong.Kemunculan ayam taliwang sendiri pertama kali pada saat terjadi perang antara Kerajaan Selaparang dan Kerajaan Karangasem Bali. Pada masa itu pasukan Kerajaan Taliwang didatangkan ke Lombok untuk membantu Kerajaan Selaparang yang mendapat serangan dari kerajaan Karangasem Bali. Orang-orang Taliwang yang bertugas sebagai pendamai tersebut ditempatkan di suatu wilayah yang diberi nama Karang Taliwang sesuai dengan tempat mereka. Di masa itu sajian masakan dengan menu ayam adalah hal yang mewah, karena ayam hanya dikonsumsi pada saat-saat tertentu saja.

  1. Ayam Cincane

Ayam Cincane adalah salah salah satu kuliner tradisional dari Kalimantan Timur khususnya di Samarinda yang menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Masakan satu ini merupakan salah satu hidangan utama dalam berbagai acara adat di Kalimantan Timur. Namun seiring dengan perkembangannya, Ayam Cincane menjadi makanan yang di gemari masyarakat dan menjadi salah satu kuliner tradisional khas di Kalimantan Timur.Proses pembuatannya menggunakan ayam kampung dan bumbu yang digunakan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, laos.

Masih banyak lho masakan olahan ayam yang lain dari seluruh penjuru negeri. Budaya Indonesia memang luar biasa kaya. Yuk Ibu lestarikan masakan tradisional Indonesia ya!


Komentar