Cara Mudah Membuat Kue Cucur Gula Merah Original

Kue cucur merupakan satu dari sekian banyak jenis kue tradisional yang sudah jarang kita temui keberadaanya. Jenis kue basah dengan berbahan dasar tepung beras ini menjadi pilihan penganan kue yang populer pada masa dahulu. Rasa gurih dan manis asli dari gula merah, menjadikan kue ini sangat digemari. Proses pengolahan kue cucur menjadi matang adalah dengan cara di goreng menggunakan wajan baja yang cekung dan tebal. Hal ini adalah salah satu ciri dari proses mengolah cucur tempo dulu

Menggunakan wajan dengan ukuran yang tebal bertujuan untuk menjaga suhu panas yang stabil dan merata pada semua sisi wajan sehingga dapat diperoleh tingkat kematangan cucur yang sempurna hingga kebagian dalam. Bergeser dan mulai tersingkirnya makanan tradisional salah satunya juga dikarenakan banyak bermunculannya berbagai jenis penganan atau jajanan kemasan yang dibuat oleh pabrik, yang pada dasarnya makanan seperti kuranglah sehat untuk kita konsumsi karena terdapat beberapa macam kandungan bahan pengawet makanan pada penganan ini, yang notabeninya bahan pengawet adalah termasuk dalam jenis zat kimia.

Sebagai masyarakat yang peduli dengan nilai-nilai luhur dan budaya, perlu adanya wujud melestarikan dan menjaga kuliner tradsional agar tetap lestari dan dikenal hingga kelak. Salah satu wujud usaha tersebut adalah dengan mengangkat kembali menu tradisional dan mengenalkannya ke masyarakat, dengan demikian menu warisan leluhur dapat terus terjaga dan di nikmati hingga ke masa yang akan dating. Dan berikut kami akan membagikan satu resep tradisional warisan leluhur yaitu cara mudah membuat kue cucur gula merah original untuk anda semua

Bahan :

  • 300 gram tepung beras
  • 30 gram tepung terigu
  • 150 gram gula merah/ jawa, sisir halus
  • 100 gram gula pasir
  • 450 ml air
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat Kue Cucur Gula Merah Original :

  • Rebus air bersama gula merah dan gula pasir hingga gula larut. Saring.
  • Tuang ke dalam tepung beras dan tepung terigu sedikit demi sedikit sambil diuleni dan dipukul pukul dengan tangan selama 15 menit. Kocok-kocok dengan sendok sayur selama 20 menit. Lalu iamkan adonan selama 2-3 jam.
  • Panaskan minyak goreng dalam wajan kecil lalu tuang satu sendok sayur adonan. Siram-siram lalu tusuk tengahnya dengan garpu sampai kering. Angkat lalu tiriskan.
  • Kue Cucur gula merah siap untuk dihidangkan.

Menu olahan kue cucur ini lebih sehat bila dibandingkan dengan jajanan anak-anak jaman sekarang , terbuat dari bahan yang sangat alami tanpa bahan pengawet menjadikan kue ini lebih fresh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *