Hadiri Acara Rizieq Shihab di Petamburan, Perempuan Ini Terindikasi Covid-19

Seorang warga Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat bernama Pani (64) dinyatakan reaktif Covid 19 setelah menjalani rapid test. Dialangsung menjalani uji swab antigen dari Polda Metro Jaya. Pani sempat ikut berkumpul di Jalan KS Tubun, Sabtu (14/11/2020) saat acara pernikahan putri Rizieq Shihab.

Ditemui di lokasi uji rapid, Pani mengakui bahwa hasil uji rapidnya reaktif Covid 19. "Iya ini reaktif jadi ikut uji swab. Mudah mudahan hasilnya negatif," kata Pani ditemui di SD Negeri Petamburan 01 03 Jakarta, Selasa (24/11/2020). Pani mengaku kaget dengan hasil uji swab tersebut.

Sebab selama ini ia merasa sehat dan tidak memiliki keluhan sakit. Selain Pani, dua anggota keluarganya juga ikut jalani uji rapid. Keduanya yakni menantu dan anak Pani.

Sehingga ada tiga anggota keluarganya yang jalani uji rapid. "Yang dinyatakan reaktif saya dan menantu saya," jelas Pani. Pani mengaku sempat ikut berada di kerumunan saat pernikahan Putri Rizieq Shihab, Najwa Shihab di Jalan KS Tubun.

Saat Sabtu malam, Pani tengah mencari anaknya sehingga masuk ke kerumunan di Jalan KS Tubun. Maka dari itu, Pani menanggapi positif uji rapid massal yang diselenggarakan Polda Metro Jaya. Menurutnya, uji rapid itu dapat membuat keluarganya lebih merasa aman dari Covid 19.

"Bagus sih jadi merasa aman kalau sudah tes begini," ungkapnya. Sementara itu Dokter Kesehatan Polda Metro Jaya Indri mengatakan bahwa pihaknya tengah uji swab dua dari lima warga yang reaktif Covid 19. Kedua warga itu menjalani uji swab antigen sehingga hasilnya langsung keluar lima sampai 15 menit kemudian.

"Hasil uji swab antigen keduanya dinyatakan negatif Covid 19," jelas Indri. Kapolda Metro Jaya Irjen M Fadil Imran mengatakan pihaknya menyiapkan 1000 alat rapid test gratis bagi warga di kawasan Petamburan, Jakarta Pusat. Pasalnya, kawasan Petamburan disinyalir telah terjadi klaster baru penyebaran Covid 19, akibat kerumunan yang terjadi saat gelaran akad nikah putri Habib Rizieq Shihab, Sabtu (14/11/2020) lalu.

Rapid test kata Fadil akan digelar selama 3 hari berturut turut ke warga Petamburan di sejumlah titik yang ditentukan. "Untuk rapid test kami siapkan 1000 alat rapid tes bagi warga di Petamburan ini dan akan kami lakukan tes 3 hari berturut turut," kata Fadil di Petamburan, Minggu. Menurutnya pihaknya juga melakukan penyemprotan disinfektan ke kawasan Petamburan di sejumlah jalan umum dan fasilitas publik di sana

Sebab katanya dari informasi Gugus Tugas Covid 19, di Petamburan terjadi klaster baru akibat digelarnya akad nikah putri Habib Rizieq di Petamburan. "Ini menjadi pelajaran bagi kita semua bahwa setiap kerumunan harus benar benar menerapkan protokol kesehatan yang ketat dan kita akan melakukan pencegahan secara dini dengan preventif Strike untuk mencegah kerumunan di masa pandemi covid 19 ini. "Karena kota Jakarta masih dalam zona merah dan kita berharap dengan segala upaya yang kita lakukan ke depan, Jakarta bisa menjadi zona oranye, lalu kuning dan akhirnya hijau," papar Fadil.

Ia menjelaskan Kapolsek Tanah Abang Kompol Singgih dan Wakapolsek Tanah Abang, dipastikan positif Covid 19. Keduanya diduga terpapar Covid 19, juga bersama Lurah Petamburan, saat melakukan pengamanan di acara akad nikah putri Habib Rizieq Shihab di kawasan Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (14/11/2020). "Kapolsek Tanah Abang Kompol Singgih dan Wakapolsek Tanah Abang yang terkonfirmasi positif Covid 19, saat ini diisolasi di RS Polri Kramat Jati," kata Fadil saat dikonfirmasi Warta Kota, Minggu (22/11/2020) malam pukul 18.15.

Imam besar FPI Muhammad Rizieq Shihab berencana jalani uji swab mandiri. Uji swab mandiri dilakukan setelah Rizieq dikabarkan jatuh sakit. Pihak Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Heru Novianto membenarkan pihaknya telah menyambangi kediaman Rizieq Shihab di Jalan Petamburan III, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Perwakilan dari Polsek Metro Tanah Abang dikirim untuk imbau Rizieq agar menjalani uji swab Covid 19 pada Sabtu (21/11/2020).

Namun pihak polisi tidak dapat bertemu Rizieq lantaran ia disebut tengah istirahat dan tidak menerima tamu. "Kami dapat info sakit diduga Covid 19. Maka kami imbau agar jalani swab," jelas Heru ditemui di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat Minggu (22/11/2020). Namun demikian, Heru memastikan pihaknya tidak membawa peralatan swab ke kediaman Rizieq.

Sebab tiga pilar Tanah Abang hanya memberikan imbauan untuk swab. "Seorang Babin dan Bimas itu kan mengecek warganya yang sakit dan siapa tahu butuh pertolongan. Jadi bukan mau swab," jelas Heru. Namun mereka tidak dapat bertemu Rizieq sehingga hanya dapat mengimbau lewat utusannya di depan pagar rumah.

Pihak utusan Rizieq mengamini imbauan Polsek Metro Tanah Abang. Rencananya Rizieq akan menjalani uji swab mandiri tanpa lewat Puskesmas atau pemerintah. "Katanya mereka mau melaksanakan swab mandiri," ungkap Heru. Diberitakan sebelumnya Imam Besar FPI Muhammad Rizieq Shibab didatangi tiga pilar Tanah Abang. Kedatangan tersebut untuk mengajak Rizieq Shihab jalani uji swab.

Kapolsek Metro Tanah Abang, Kompol Singgih Hermawan membenarkan pihaknya bersama TNI dan Satpol PP menyambangi kediaman Rizieq Shihab di Jalan Petamburan III, Petamburan, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Mereka menyambangi kediaman Rizieq pada Sabtu (21/11/2020) malam. "Maksud kedatangan tiga pilar untuk bertemu Habib Rizieq Shihab namun yang bersangkutan tengah istrahat dan tidak menerima tamu," ujar Singgih Minggu (22/11/2020).

Para tiga pilar akhirnya hanya bertemu utusan Rizieq Shihab, Ustad Yono. Kedatangan itu bertujuan untuk mengajak Rizieq Shihab menjalani uji swab. Ajakan itu lantaran beberapa waktu lalu Rizieq Shihab sempat berkumpul di tengah keramaian.

Terlebih beberapa orang di antara kerumunan itu dinyatakan positif Covid 19. "Uji swab bertujuan untuk memastikan apakah yang bersangkutan terpapar Covid 19 atau tidak maka harus tes swab," jelasnya. Karena tidak dapat bertemu Rizieq Shihab, maka Ustad Yono akan menyampaikan pesan tersebut kepada sekertariat DPP FPI.

Rencananya Polsek Metro Tanah Abang juga akan koordinasi dengan Kecamatan Tanah Abang dalam melakukan langkah selanjutnya. (m24/bum)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *