Punya Nasi Sisa? Bikin Cireng Nasi untuk Camilan Aja!

Nasi merupakan makanan utama yang dikonsumsi oleh keluarga Indonesia setiap hari. Seringkali dalam satu hari, ada sisa nasi yang tidak termakan oleh anggota keluarga. Daripada dibuang, jauh lebih baik jika sisa nasi ini diolah menjadi camilan yang enak. Contohnya dengan dibuat menjadi cireng menggunakan Kobe tepung bumbu putih.

Membuat Cireng Nasi

Cara membuat menu camilan yang satu ini sebenarnya sangat mudah. Bahan-bahannya juga sederhana dan mudah untuk didapatkan. Siapkan saja nasi, tepung bumbu, daun bawang, air, bawang putih, garam, dan merica. Berikut ini beberapa tips yang bisa diterapkan saat membuat cireng dari nasi:

1. Panaskan Nasi

Tips pertama, coba panaskan dulu nasi yang akan digunakan untuk membuat cireng. Biasanya nasi sisa tidak panas atau hangat dan ini akan jauh lebih sulit untuk dibuat adonan. Jadi lebih baik dipanaskan terlebih dahulu supaya nasi lebih mudah menyatu dengan bahan-bahan lain yang akan dibuat sebagai adonan.

Sangat disarankan untuk memanaskan nasi bersama dengan bahan-bahan yang lain. Sebelum dipanaskan, nasi bisa ditumbuk kasar terlebih dahulu. Kemudian campurkan nasi dengan bahan-bahan lain kecuali tepung tapioka. Panaskan semua bahan ini menggunakan panci dan tambahkan air. Aduk-aduk sampai bahan adonan tercampur dan menjadi lengket setelah itu angkat lalu tambahkan tepung bumbu.

2. Tambahkan Bubuk Kaldu

Untuk menambah rasa, tambahkan saja bubuk kaldu ke dalam adonan. Saat ini ada banyak produk serbuk kaldu yang bisa menambah kelezatan rasa. Anda bisa menggunakan kaldu ayam, kaldu jamur, atau jenis kaldu lainnya sesuai selera. Tambahkan secukupnya dan seimbangkan dengan garam yang digunakan agar rasanya tidak terlalu asin.

3. Gunakan Tepung Tapioka

Anda bisa memakai Kobe tepung bumbu putih agar bisa menghasilkan cireng yang renyah dan enak. Namun sangat disarankan untuk menambahkan sedikit tepung tapioka. Jenis tepung ini biasa dikenal juga sebagai tepung aci. Nantinya tepung tapioka akan memberi tekstur yang kenyal sehingga cireng terasa jauh lebih enak.

4. Pakai Api Sedang

Salah satu kunci dalam membuat menu cireng ini adalah teknik menggoreng yang diterapkan. Setelah adonan siap, maka Anda bisa membentuknya menjadi cireng yang pipih. Besar kecilnya cireng bisa dibuat sesuai selera, jangan terlalu tebal tapi juga jangan terlalu tipis. Selanjutnya siapkan minyak goreng di dalam penggorengan dan gorenglah adonan cireng menggunakan api sedang.

Hindari memakai api yang terlalu besar saat menggoreng cireng. Jika apinya terlalu besar maka adonan cireng bisa cepat menghitam atau gosong. Sebaliknya jika api terlalu kecil, cireng lebih lama matang dan minyak yang terserap terlalu banyak. Pakai saja api sedang agar adonan cireng bisa matang sempurna namun tetap putih dari luar.

5. Siapkan Saus Pendamping

Makan cireng tanpa saus pasti tidak akan terasa lengkap. Setelah memasak cireng, buatlah saus pendampingnya. Bahan saus yang digunakan bisa sangat bervariasi tergantung selera masing-masing. Sebagai referensi, Anda bisa membuat saus dari campuran saus sambal asam pedas dan kecap manis. Jika tak terlalu suka pedas maka gunakan saja saus tomat sebagai campuran.

Menu cireng nasi ini akan jadi camilan yang enak untuk disantap bersama keluarga di rumah. Selain bisa memanfaatkan bahan-bahan yang ada, Anda juga bisa lebih berhemat karena tak perlu jajan di luar. Gunakan bahan tepung yang berkualitas seperti Kobe tepung bumbu putih sehingga rasa cireng yang Anda buat terasa jauh lebih enak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *