Resep Rahasia Empuknya Donat Dunkin Donuts

Siapa yang tak kenal dengan restoran waralaba Dunkin Donuts, restoran donat terbesar yang khusus menjajakan menu donat sebagai andalannya. Restoran yang di dirikan oleh Wiliam Rosenberg pada tahun 1950 ini tumbuh dan berkembang dengan sangat pesat, hampir 7.000 restoran di 35 Negara telah berdiri menjadikan Dunkin Donuts restoran donat terbesar di dunia.

Di Indonesia sendiri kita dapat menemukan restoran ini di berbagai tempat seperti di mall, bandara dan dibeberapa Rest Area SPBU. Restoran Dunkin Donuts sendiri pertama kali masuk ke Indonesia sekitar di awal tahun 1990, menjadi restoran pioner pertama yang masuk ke Indonesia dengan image donat menjadikan restoran ini tidak memiliki kompetitor yang berarti di pasar Indonesia, meskipun sekarang sudah mulai tumbuh berbagai restoran yang juga menghadirkan menu donat seperti Restoran J.CO Donuts & Coffee yang juga menjual menu Donat JCO sebagai salah satu andalannya, namun tak menyurutkan minat konsumen terhadap Donat Dunkin Donuts dan hal ini tetap menjadikan Dunkin Donuts eksis hingga sekarang.

Seiring berjalannya waktu berbagai inovasi telah dilakukan oleh restoran donat waralaba ini, menjaga kepercayaan konsumen dengan memberikan pelayanan terbaik, kualitas terbaik, dan kebersihan selalu dikedepankan oleh restoran donat ini, seperti yang menjadi moto Wiliam Rosenberg pendiri Dunkin Donuts “Always provide your customer with the finest quality, service, cleanliness and value”

Berbagai menu pilihan donat dihadirkan oleh Restoran Dunkin Donuts diantaranya, Donat almond, donat choco almond, donat black choco crème, donat blueberry frosted, donat caramel, donat choco cappuccino, donat choco marble dan masih banyak lagi pilihan rasa donat seperti dpcb, hazelnut, kiwi, mango, mocca, peanut, crispy rice, smiley, strawberry frost, tart, dan tiramisu. Mungkin hanya Dunkin Donuts saja yang menghadirkan pilihan menu donat sebanyak itu.

Bagi anda yang ingin mencoba membuat donat dengan cita rasa dan empuknya donat seperti Dunkin Donuts berikut kami hadirkan Resep Rahasia Empuknya Donat Dunkin Donuts agar anda dapat mencoba membuatnya sendiri di rumah. Resep donat yang kami hadirkan adalah donat tanpa topping yang mana bila anda ingin menambahkan topping sendiri anda dapat melakukanya sesuai dengan selera pilihan anda masing-masing. Berikut bahan dan langkah pembuatan donat :

Bahan I :

  • 100 gr mentega
  • 4 btr telor ayam (ambil kuningnya saja)
  • 200 ml air hangat

Bahan II :

  • 600 gr tepung terigu (komposisi 300 gr T. Terigu protein tinggi + 300 gr T.Terigu Protein sedang)
  • 80 gr susu bubuk full cream
  • ½ sdt garam
  • 11 gr ragi instan
  • 75 gr gula pasir

Cara Membuat Donat Dunkin Donuts :

  1. Langkah pertama kocok lepas kuning telur terelbih dahulu dalam sebuah wadah, selanjutnya masukkan semua Bahan II kemudian aduk hingga semua rata.
  2. Tambahkan air sedkit demi sedikit hingga adonan menjadi kalis dan tidak lengket di tangan.
  3. Langkah selanjutnya adalah dengan memasukkan mentega kedalam adonan dan uleni kembali.
  4. Setelah adonan kalis diamkan selama 30 menit dalam wadah yang tertutup. Setelah adonan di istirahatkan selama 30 menit bagi adonan menjadi beberapa bagian kemudian bentuk bulat cincin. Gunakan timbangan untuk menimbang adonan sehingga akan dapat dihasilkan donat dengan ukuran yang sama.
  5. Lakukan hal tersebut berulang hingga semua adonan habis terbentuk menjadi bulat cincin.
  6. Setelah adonan selesai dibentuk istirahatkan kembali selama kurang lebih 15 menit.
  7. Selanjutnya panaskan minyak dalam wajan penggorengan kemudian goreng donat hingga berwarna kuning keemasan yang menandakan donat sudah matang, kemudian angkat dan tiriskan.
  8. Setelah donat dingin anda dapat menambahkan topping sesuai selera anda atau cukup dengan menaburkan gula bubuk di atasnya saja dan donat empuk ala dunkin donat siap disajikan.

Demikian Resep Rahasia Empuknya Donat Dunkin Donuts yang dapat kami bagikan pada kesempatan kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah perbendaharaan menu resep anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *